PERAN PENGUATAN DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

Mardjuki Mardjuki, PGSD FIP UNY, Indonesia

Abstract


Pembangunan Nasional bangsa Indonesia membutuhkan manusia berkualitas. Untuk memenuhi kebutuhan itu diperlukan pendidikan yang bermutu ditentukan oleh kualitas pembelajaran. Dalam hal ini guru sangat
besar peranannya, memotivalor maka guru harus mampu memotivator belajar siswa. Memberikan penguatan merupakan salah satu yang harus dilakukan. Belajar merupakan perilaku yang diulang-ulang. Prestasi akan
meningkat apabila siswa selalu belajar dengan giat. Agar siswa mau melakukan kegiatan belajar yang lebih baik diperlukan penguatan. Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat memungkinkan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Jenis
penguatan ada (1) penguatan verbal dan (2) penguatan nonverbal yang
meliputi: mimik, gerakan badan, mendekati, sentuhan, memberikan simbul/benda, dan penguatan tak penuh. Penguatan harus diberikan dengan tepat, dan pirgroto, harus bervariasi. Penguatan yang  efektif akan mendorong siswa untuk menguali perilaku yang lebih baik. Mengulangi perilaku atau belajar yang lebih baik akan meningkatkan
prestasi yang dimiliki. Sehingga penguatan sangat berperan terhadap
peningkatan prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v7i01.5424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter