RANCANGAN PEMBEJARAN MEMBACA PERMULAAN YANG EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siswanti Ribudini SD Ngentak Sanden Bantul

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v6i01.5419

Abstract

Membaca adalah kegiatan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran. Ini salah satu kegiatan yang diarahkan dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang berpikiran cerdas. Dalam kurikulum 1994 Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD mencakup empat kemampuan berbahasa yaitu: menyimak,membaca,berbicara dan menulis, yang tekanannya di kelas I adalah baca dan tulis. PembelajaranBahasa Indonesia khususnya kelas I terdapat pembelajaran membaca kata-kata sederhana dengan menggunakan huruf yang sudah dikenal, kemudian menjadi kata baru yang bermakna. Dalam pembelajaran membaca permulaan sebaiknya menggunakan berbagai macam metode. Dengan penggabungan beberapa metode memungkinkan siswa lebih efektif dan cepat lancar membaca, termasuk di dalamnya sarana BABA. Melalui sarana BABA disusunlah rancangan pembelajaran membaca permulaan dengan lebih memperhatikan aktivitas dan kreativitas siswa

Downloads

Published

2015-09-09

How to Cite

Ribudini, S. (2015). RANCANGAN PEMBEJARAN MEMBACA PERMULAAN YANG EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 6(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v6i01.5419

Issue

Section

Articles