OPTIMALISASI PEM BELA'ARAN PENYAN DANG GANGGUAN PENGTIHATAN DENGAN PROGRAM KASET AUDIO

Ishartiwi Ishartiwi, FIP UNY, Indonesia

Abstract


Hampir sebagian besar penyandang penglihatan (visual handicaped) yang tidak mengalami kelainan ganda pada gangguan umumnya memiliki kecerdasan normal dan kepekaan indra pendengaran yang baik, narnun di sisi lain mereka memiliki kelemahan dalam mengakses informasi. Ha lini karena terbatasnyainformasicetak denganhurufB raille. Mereka sudah terbiasa mengandalkan indra pendengarannya untuk belajar. Penataan kondisi eksternal dengan penyediaan media pembelajaran yang mudah diakses melalui indra pendengaran, sangat mendukung belajarnya. Program kaset audio merupakan salah satu alternatif yang mudah dan murah untuk sumber belajar siswa dengan gangguan penglihatan, khususnya sebagai pengganti informasi (buku bacaan) cetak meskipun upaya pemanfaatan di sekolah (khususnya di Indonesia) masih sangat terbatas. Artikel ini akan membahas fungsi program kaset audio dalam pembelajaran penyandang gangguan penglihatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v6i01.5416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter