PENGEMBANGAN PETA PENGETAHUAN (MENTAL MAP) MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Slamet Suyanto, FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas(PTK) ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa menstrukturisasi pengetahuan hasil belajarnya dengan cara menggambarkan peta pengetahuannya (mental map). untuk memacu perkembangan kemampuan mahasiswa tersebut digunakan pendektatan konstruktivisme melalui tiga tahap (three steps of constructivist learning) sebagaimana yang dikembangkan di Jepang. Sebanyak 55 mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Biologi terlihat sebagai subjek dalam penelitian ini. penelitian menggunakan dua siklus. Siklus pertama mengambil topik Biologi dalam Pendidikan Biologi, siklus kedua mengambil topik siswa sebagai subjek belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v5i02.5358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter