PENGEMBANGAN KREATIVTTAS SISWA SD MELALUI KEGIATAN BERCERITA

Murtiningsih Murtiningsih, PGSD FIP UNY, Indonesia

Abstract


Potensi siswa perlu mendapat perhatian dan pencermatan yang mendalam, serta dikembangkan sedini mungkin. Potensi tersebut antara lain adalah daya kreativitas yang juga memerlukan penanganan serius. Pengembangan kreativitas siswa SD harus dilakukan secara intensif terutama data kegiatan pembelajaran di kelas atau sekolah. Untuk mengembangkan kreativitas siswa SD dalam pembelajaran di kelas, antara lain melalui kegiatan bercerita. Kegiatan bercerita dapat mengembangkan kreativitas siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, serta sikap menghargai. Melalui cerita siswa dapat berkomunikasi secara langsung, tumbuh daya imajinasi, dan kreasi siswa terbina serta terarah. Berbagai alat untuk mengembangkan keativitas bercerita pada siswa SD antara lain, (1) bercerita menggunakan gambar,(2) siswa membaca langsung dari buku cerita, dan (3) bercerita dengan menggunakan papan planel.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v5i02.5357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter