UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 2 SEKAYU MUSI BANYUASIN, SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3964Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis puisi siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu melalui model pembelajaran sinektik. Jenis penelitian adalahpenelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan selama dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dan dokumen tugas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari tes awal hingga siklus II Pada tes awal skor rata-rata siswa sebesar 24,86 setara dengan 62,15%. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 meningkat menjadi 28,77 setara dengan 71,92% dan pada akhir siklus 11skor rata-rata siswa menjadi 33, 17 atau setara dengan 82,92%. Kenaikan skor rata-rata siswa mulai Tes Awal hingga siklus 11 adalah sebesar 8,31 atau setara dengan 20, 77%Downloads
Published
2015-03-17
How to Cite
Rojaki, R. (2015). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 2 SEKAYU MUSI BANYUASIN, SUMATERA SELATAN. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2). https://doi.org/10.21831/jig cope.v16i2.3964
Issue
Section
Articles