UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 2 SEKAYU MUSI BANYUASIN, SUMATERA SELATAN

Rojaki Rojaki, SMA N 2 Sekayu Musi Banyu Asin, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis puisi siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu melalui model pembelajaran sinektik. Jenis penelitian adalahpenelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan selama dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dan dokumen tugas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari tes awal hingga siklus II Pada tes awal skor rata-rata siswa sebesar 24,86 setara dengan 62,15%. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 meningkat menjadi 28,77 setara dengan 71,92% dan pada akhir siklus 11skor rata-rata siswa menjadi 33, 17 atau setara dengan 82,92%. Kenaikan skor rata-rata siswa mulai Tes Awal hingga siklus 11 adalah sebesar 8,31 atau setara dengan 20, 77%

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter