PENINGKATAN PEMAHAMAN, KETERAMPILAN BERFIKIR, DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS XI L 1 SMK N 3 KASIHAN

Mujinem Mujinem, SMK N 3 Kasihan Bantul, Indonesia

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi pokok PKn melalui penerapan metode diskusi kelompok di kelas Xl Ll SMK N 3 Kasihan Bantul, dan untuk menerapkan metode diskusi kelompok sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan sosial dalam memecahkan masalah sosial di lingkungannya, serta untuk menerapkan metode diskusi kelompok sehingga dapat menumbuhkan sikap demokratis siswa. Penelitian ini mengarah pada penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas XI L 1 SMK N -3 Kasihan Bantu! yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data adalah.studidokumentasi, dan pengamatan. Teknik analisa data menggunakan presentase dan analisis kualitatif untuk mengetahui peningkatan pemahaman, keterampilan, dan sikap demokratis dengan metode diskusi kelompok di SMK N 3 Kasihan Bantul kelas Xl L 1. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman materi pembelajaran PKn melalui metode diskusi kelompok di SMK N 3 Kasihan Bantu! kelas Xl L 1 memuaskan dilihat dari peningkatan prestasi belajar PKn siswa yang berwujud kemampuan intelektual, keterampilan dan sikap sebagai warga negara yang baik di masyarakat. Penerapan metode diskusi kelompok mampu meningkatkan keteramp ilan berpikir siswa tentang materi pendidikan kewarganegaraan. Data penelitian ini ditemukan bukti empiris bahwa partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran sudah meningkat, siklus 1 sebesar 69,93 dan siklus 11 sebesar 81,27, serta metode pembelajaran PKn dengan diskusi kelompok terbukti meningkatkan pada siklus 158,85% pada siklus 11 sebesar 66% danprestasi belajardalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan secara mufakat dan bersama-sama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter