PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Anna Dwi Purwanti, SD N Belang Patuk Gunung Kidul, Indonesia

Abstract


Kendala yang banyak dijumpai pada pembelajaran IPA adalah karena kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Hal ini mengakibatkan nilai belajar siswajuga kurang maksimalkarenatidak bisa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Keberhasilan dari pembelajaran ditentukan oleh seberapa besar minat siswa pada mata pelajaran tertentu, sehingga harus lebih diperhatikanoleh berbagaipihak dalam rangka mengukurtingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran. Upaya untuk membantu mengatasi masalah tersebut dicoba dengan menggunakan sebuah metode pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menerapkan pendekatan kontekstual bagi siswa. Dalam hal iniyang digunakan adalah strategi pembelajaran inkuiri, dimana siswa melaksanakan proses pembelajaran dengan mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Siswa berfikir kritis dan analistis untuk menemukan sendirijawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan, dilakukan melalui tanyajawab antara guru dan siswa. Dengan penerapan pendekatan kontekstual diharapkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA akan meningkat, sehingga siswa bisa mencapai keberhasilan dalam pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter