UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BENDA OPTIK D1 LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 TEMON TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Uswatun Hasanah, SMP N 2 Temon Kulon Progo, Indonesia

Abstract


Penelitian  ini merupakan  Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK)  yang  bertujuan untuk meningkatkan  pemahaman  konsep cahaya/optik.  Konsep cahaya merupakan materi yang sulit dipahami oleh sebagian besar siswa, karena itu perlu  diupayakan pemecahannya. Subjek  penelitian   ini adalah  siswa kelas  VIII D SMP Negeri 2 Temon Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan pertimbangan bahwa kelas ini memiliki nilai IPA paling rendah dan kurang aktif dalampembelajaran dibandingkan  kelas yang  lain.  Tindakan kelas yang dilakukan berupa pembelajaran IPA materi  cahaya  menggunakan  media benda optik yang ada di lingkungan sekitar siswa, di antaranya: cermin datar, senter, spion, air, kaca pembesar; dan kacamata. Teknik pengumpulan   data menggunakan teknik  observasi,  test,  dan dokumentasi. Analisis   data  dilakukan   dengan  teknik diskriptif  kualitatif. Penelitian  dilakukan pada  bulan  Maret-Mei   tahun  2011 dan pelaksanakan tindakan dilakukan sebanyak dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan  media pembelajaran benda optik yang ada di lingkungan sekitar siswa,  dapat  meningkatkan  pemahaman konsep cahaya. Hasil penilaian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 65 dengan ketuntasan klasikal 55%, pada siklus 11 nilai rata-rata postest 69 dengan ketuntasan  klas ikal 71 % mengacu  KKM mata pelajaran   IPA di SMPN 2  Temon sebesar 68. Walaupun belum mencapai ketuntasan  klasikal 85% namun dapat meningkatkan  ketertarikan  dan keaktifan siswa  selama pembelajaran. Disamping itu terdapat 91,3% siswa menyukai materi cahaya, 94% siswa lebih semangat, 95% tertarik terhadap materi cahaya, 89,5% siswa merasa terbantu dengan media yang ada, 100% siswa  menganggap alat yang digunakan cocokdengan materi, 72,2% erat dengan kehidupan sehari-hari dan 75,8% siswa merasa mudah menggunakannya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter