PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Sri Rukun Daswati, SMP Muh 3 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pembelajaran puisi merupakan bagian yang esensial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Pembelajaran puisi untuk pemupukan jiwa estetis, jiwa keindahan,  jiwa yang mengandung unsur-unsur moral dan memperhalus budi pekerti.  Untuk itu perlu penggalakan pengajaran sastra, khususnya apresiasi puisi. Pembelajaran puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan siswa dalam belajar lebih bermakna dan menyenangkan  sehingga siswa  lebih  aktif  dan kreatif. Di dalam pendekatan ini terdapat tujuh komponen utama yang  harus  dilaksanakan   dalam pembelajaran, yakni: inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, konstruktif, refleksi, dan penilaian otentik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter