PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3949Abstract
Pembelajaran puisi merupakan bagian yang esensial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Pembelajaran puisi untuk pemupukan jiwa estetis, jiwa keindahan, jiwa yang mengandung unsur-unsur moral dan memperhalus budi pekerti. Untuk itu perlu penggalakan pengajaran sastra, khususnya apresiasi puisi. Pembelajaran puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan siswa dalam belajar lebih bermakna dan menyenangkan sehingga siswa lebih aktif dan kreatif. Di dalam pendekatan ini terdapat tujuh komponen utama yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran, yakni: inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, konstruktif, refleksi, dan penilaian otentikDownloads
Published
2015-03-17
How to Cite
Daswati, S. R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v16i01.3949
Issue
Section
Articles