PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Sri Rukun Daswati SMP Muh 3 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3949

Abstract

Pembelajaran puisi merupakan bagian yang esensial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Pembelajaran puisi untuk pemupukan jiwa estetis, jiwa keindahan,  jiwa yang mengandung unsur-unsur moral dan memperhalus budi pekerti.  Untuk itu perlu penggalakan pengajaran sastra, khususnya apresiasi puisi. Pembelajaran puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan siswa dalam belajar lebih bermakna dan menyenangkan  sehingga siswa  lebih  aktif  dan kreatif. Di dalam pendekatan ini terdapat tujuh komponen utama yang  harus  dilaksanakan   dalam pembelajaran, yakni: inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, konstruktif, refleksi, dan penilaian otentik

Downloads

Published

2015-03-17

How to Cite

Daswati, S. R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v16i01.3949

Issue

Section

Articles