PEMANFAATAN FILM AN INCONVENIENT TRUTHDALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMK

Agus Manaji,

Abstract


Pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di sekolah menengah kejuruanmenghadapi tantangan keterbatasan jam mengajar. Selain itu sikap tidak atau kurangmenganggap penting mata pelajaran IPA dibandingkan dengan mata pelajaranproduktif dan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional menyebabkan parasiswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA pentingbagi siswa sekolah menengah kejuruan, sebab mata pelajaran akan membekali siswadengan pengetahuan terkait bagaimana manusia memandang alam, tempat ia hidupsekaligus ia menjadi komponen di dalamnya. Sebagai manusia yang disiapkanuntuk terjun dalam dunia kerja seperti bengkel, perusahaan, dan industri, makapengetahuan IPA penting dalam menciptakan dunia kerja dan produk yang ramahlingkungan. Salah satu materi pembelajaran IPA di sekolah menengah kejuruanadalah pemanasan global. Pemanasan global terjadi sebagai dampak dari polusiudara yang didukung setidaknya oleh tiga faktor pendukung utama, yaitu (1)kegiatan transportasi, (2) kegiatan industri, (3) kerusakan dan penggundulan hutan.Berdasarkan hal-hal tersebut, siswa SMK perlu memahami masalah pemanasanglobal dengan baik agar dapat turut serta menanggulangi pemanasan global.Pemanfaatan film An Inconvenient Truth dalam pembelajaran IPA di SMK kelasXI materi pemanasan global dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran IPAyang menarik dan efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter