PEMANFAATAN FILM AN INCONVENIENT TRUTHDALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3004Abstract
Pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di sekolah menengah kejuruanmenghadapi tantangan keterbatasan jam mengajar. Selain itu sikap tidak atau kurangmenganggap penting mata pelajaran IPA dibandingkan dengan mata pelajaranproduktif dan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional menyebabkan parasiswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA pentingbagi siswa sekolah menengah kejuruan, sebab mata pelajaran akan membekali siswadengan pengetahuan terkait bagaimana manusia memandang alam, tempat ia hidupsekaligus ia menjadi komponen di dalamnya. Sebagai manusia yang disiapkanuntuk terjun dalam dunia kerja seperti bengkel, perusahaan, dan industri, makapengetahuan IPA penting dalam menciptakan dunia kerja dan produk yang ramahlingkungan. Salah satu materi pembelajaran IPA di sekolah menengah kejuruanadalah pemanasan global. Pemanasan global terjadi sebagai dampak dari polusiudara yang didukung setidaknya oleh tiga faktor pendukung utama, yaitu (1)kegiatan transportasi, (2) kegiatan industri, (3) kerusakan dan penggundulan hutan.Berdasarkan hal-hal tersebut, siswa SMK perlu memahami masalah pemanasanglobal dengan baik agar dapat turut serta menanggulangi pemanasan global.Pemanfaatan film An Inconvenient Truth dalam pembelajaran IPA di SMK kelasXI materi pemanasan global dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran IPAyang menarik dan efektif.Downloads
Published
2013-11-01
How to Cite
Manaji, A. (2013). PEMANFAATAN FILM AN INCONVENIENT TRUTHDALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMK. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i0.3004
Issue
Section
Articles