PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODELCOOPERATIVE LEARNING TEKNIK MARRY GO ROUNDPADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI KLEGUNG I

Kiki Engga Dewi,

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar IPAmenggunakan model cooperative learning teknik marry go round pada siswa kelasIV B SD Negeri Klegung I tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakanpenelitian tindakan kelas model Elliot. Subjek penelitian adalah 27 siswa di kelasIV B SD Negeri Klegung I, sedangkan teknik analisis data menggunakan effect size.Alat pengumpul data adalah tes, catatan lapangan dan lembar observasi. Berdasarkanpenelitian pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 6,42 dengan 7 siswayang di bawah KKM. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi7,81 berarti siswa yang tuntas belajar ada 27 siswa. Kesimpulan dari penelitian inibahwa dengan penerapan model cooperative learning teknik marry go round dapatmeningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV B. Penulis menyarankan agar modelcooperative learning teknik marry go round dapat diterapkan pada mata pelajaranlain, tetapi dengan perbaikan pada proses pembelajarannya dan guru harus lebihmemotivasi siswa agar hasil belajarnya dapat meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter