PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM BERBASISLECTORA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPAKONSEP GERAK TROPISME PADA SISWA SMP KELAS VIII

Rina Purwendri,

Abstract


Gerak tropisme sebagai salah satu konsep yang wajib dipelajari relatif sulituntuk diamati secara langsung oleh siswa sehingga siswa hanya menggali informasimelalui buku maupun carta. Hal itu terkadang membuat minat siswa dalam belajarmenurun karena dirasa kurang menarik akibatnya siswa tidak dapat memahamimateri dengan jelas yang akan berimbas pada hasil belajar siswa tersebut. Tujuanpenulisan artikel ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaranberbasis Lectora dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA konsep geraktropisme pada siswa kelas SMP kelas VIII. Proses pembelajaran merupakan proseskomunikasi yang melibatkan tiga komponen pokok, yaitu guru, siswa dan materipelajaran. Peranan guru dalam proses belajar mengajar berupaya menentukan danmenggunakan media pembelajaran yang tidak hanya menarik bagi siswa, tetapijuga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga mampu meningkatkan hasilbelajarnya. Guru menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora sehinggamateri gerak tropisme yang semula relatif sulit untuk diamati siswa secara langsungsehingga tidak mudah dipahami siswa, dapat dihadirkan secara langsung melaluivideo yang dapat menampilkan gerak tropisme dari tumbuhan. Pembelajaran geraktropisme dengan media pembelajaran berbasis Lectora ini dimungkinkan dapatmeningkatkan minat siswa dalam belajar, meningkatkan pemahaman siswa terhadapmateri yang disajikan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter