IMPLEMENTASI METODE PETA KONSEPDALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBAGAI JENIS KARANGANSISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

- Kusmarmi,

Abstract


Pengambangan kompetensi pembelajaran menulis di Sekolah MenengahAtas menjadi beban yang tidak ringan bagi guru maupun peserta didik, karena untukmencapai kompetensi dasar itu peserta didik dan guru harus berkolaborasi dalamproses pembelajaran dan menjalin komunikasi aktif selain itu pemilihan metode yangtepat memegang peran penting. Peta konsep menjadi salah satu metode yang tepatuntuk pembelajaran menulis berbagai jenis karangan, karena dengan peta konseppeserta didik dengan mudah mengorganisasikan ide, gagasan, pendapat, maupunpemikirannya. Tulisan yang dihasilkan pun logis, sistematis dan mudah dipahamioleh pembaca. Penerapan metode peta konsep dalam pembelajaran menulis berbagaijenis karangan siswa Sekolah Menengah Atas mudah dilaksanakan karena caranyasimpel. Peserta didik tidak mudah bosan karena segala ide dapat dituangkan melalauigambar yang diberi kata kunci dan garis-garis lengkung dalam setiap cabang denganpensil warna-warni yang menarik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter