PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI STRATEGIINQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP
Abstract
Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor.Pemilihan strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran merupakansalah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Dalampembelajaran siswa diharapkan terlibat secara aktif tetapi yang terjadi sekarang inisiswa cenderung bersikap pasif, hanya beberapa siswa yang aktif. Pembelajaranmenggunakan strategi inquiri merupakan salah satu strategi yang dapat digunakandalam pembelajaran. Dengan pembelajaran menggunakan strategi ini siswa dapatterlibat secara aktif dan terjadi interaksi antar siswa dalam kelompok sehinggasetiap siswa dapat bekerja dan tidak tergantung dengan siswa lain. Ketrampilanproses siswa juga dapat terlihat dalam pembelajaran, antara lain ketrampilanobservasi, menggolongkan / mengklasifikasi, menafsirkan, mengkomunikasikan,menerarapkan konsep dan mengajukan pertanyaan. Dalam tulisan ini akan dibahastentang penerapan strategi inquiri dalam pengembangan ketrampilan proses siswadalam pembelajaran IPA di SMP.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: