PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI STRATEGIINQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP

Authors

  • Anita Fitriyanti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2956

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor.Pemilihan strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran merupakansalah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Dalampembelajaran siswa diharapkan terlibat secara aktif tetapi yang terjadi sekarang inisiswa cenderung bersikap pasif, hanya beberapa siswa yang aktif. Pembelajaranmenggunakan strategi inquiri merupakan salah satu strategi yang dapat digunakandalam pembelajaran. Dengan pembelajaran menggunakan strategi ini siswa dapatterlibat secara aktif dan terjadi interaksi antar siswa dalam kelompok sehinggasetiap siswa dapat bekerja dan tidak tergantung dengan siswa lain. Ketrampilanproses siswa juga dapat terlihat dalam pembelajaran, antara lain ketrampilanobservasi, menggolongkan / mengklasifikasi, menafsirkan, mengkomunikasikan,menerarapkan konsep dan mengajukan pertanyaan. Dalam tulisan ini akan dibahastentang penerapan strategi inquiri dalam pengembangan ketrampilan proses siswadalam pembelajaran IPA di SMP.

Author Biography

Anita Fitriyanti

Guru Mata Pelajaran IPA di SMP 1 Paliyan, Kab. Gunungkidul

Downloads

Published

2013-05-01

How to Cite

Fitriyanti, A. (2013). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI STRATEGIINQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i1.2956