E-LEARNING MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TINGKAT SMP
Abstract
Artikel ini membahas hasil sebuah penelitian yang bertujuan mengetahui:1) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK ditingkat SMP, 2) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajarTIK di tingkat SMP, 3) peningkatan motivasi belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle , dan 4) peningkatan hasil belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle .Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen, menggunakannonequivalent control group design dengan populasi berjumlah 199 peserta didikkelas IX SMP Negeri 4 Gamping yang terbagi dalam 6 kelas paralel. Pengambilan sampel dengan cluster sampling memperoleh hasil kelas IX B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 35 orang yang diberi pembelajaran melalui presentasi materi menggunakan LCD proyektor dan kelas IX D sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 34 orang yang diberi pembelajaran melalui e-learning moodle . Instrumen pengumpulan data berupa soal tes tertulis dan angket. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post)pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik uji t.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,006 dengan perbedaan rata-rata sebesar 3,49. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,008 dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,07. 3) Ada peningkatan motivasi belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,015 dengan peningkatan rata-rata sebesar 2,29. 4) Ada peningkatan hasil belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,000 dengan peningkatan rata-rata sebesar 24,62
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: