PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD
Abstract
Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Adapun tujuannya antara lain : (1) Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dapat
terlaksana dengan optimal, (2) Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan proses
ilmiahnya, (3) Peserta didik dapat mengonstruksi sendiri pengetahuannya melalui kegiatan
inkuiri, (4) Pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik (student center learning), (5)
Pembelajaran akan lebih bermakna, sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
Pencapaian optimalisasi peningkatan pembelajaran tersebut dapat dicapai menggunakan
salah satu pendekatan pembelajaran yaitu inkuiri yang melatih siswa berpikir kritis dan
ilmiah.
Kata Kunci : pendekatan inkuiri, hasil belajar, IPA
Adapun tujuannya antara lain : (1) Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dapat
terlaksana dengan optimal, (2) Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan proses
ilmiahnya, (3) Peserta didik dapat mengonstruksi sendiri pengetahuannya melalui kegiatan
inkuiri, (4) Pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik (student center learning), (5)
Pembelajaran akan lebih bermakna, sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
Pencapaian optimalisasi peningkatan pembelajaran tersebut dapat dicapai menggunakan
salah satu pendekatan pembelajaran yaitu inkuiri yang melatih siswa berpikir kritis dan
ilmiah.
Kata Kunci : pendekatan inkuiri, hasil belajar, IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: