PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD

Binti Muakhirin,

Abstract


Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Adapun tujuannya antara lain : (1) Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dapat
terlaksana dengan optimal, (2) Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan proses
ilmiahnya, (3) Peserta didik dapat mengonstruksi sendiri pengetahuannya melalui kegiatan
inkuiri, (4) Pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik (student center learning), (5)
Pembelajaran akan lebih bermakna, sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
Pencapaian optimalisasi peningkatan pembelajaran tersebut dapat dicapai menggunakan
salah satu pendekatan pembelajaran yaitu inkuiri yang melatih siswa berpikir kritis dan
ilmiah.
Kata Kunci : pendekatan inkuiri, hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter