PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI JETIS 1 YOGYAKARTA MELALUI PROBLEM SOLVING SYSTEMATIC

Sukemi Sukemi,

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran matematika dan meningkatkan minat belajar siswa kelas VA SD Negeri
Jetis 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode problem
solving systematic. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siklus I sebesar 64,5% dan siklus II sebesar 89,6%. Setelah penerapan problem
solving systematic, siswa mampu menemukan isi dalam soal cerita yang penting
untuk menyelesaikan soal cerita; siswa mampu mengetahui cara menganalisis soal
cerita sehingga mudah dalam menemukan materi yang diketahui dan materi yang
ditanyakan dalam soal cerita; siswa juga dapat bekerjasama, lebih berani dan percaya
diri. Metode problem solving systematic diharapkan digunakan dalam pembelajaran
matematika di kelas yang lain agar pembelajaran menjadi inovatif, kreatif, interaktif,
menantang, dan menyenangkan.
Kata kunci: problem solving systematic, minat belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter