PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTEK MENGELAS TINGKAT LANJUT DENGAN PROSES LAS BUSUR MANUAL PADA KAMPUH I MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA

Agus Heri Prasetya,

Abstract


Dalam meningkatkan mutu pendidikan, pada mata pelajaran Mengelas Tingkat
Lanjut dengan Proses Las Busur Manual yang sebagian materinya berisi deskriptif,
biasanya metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, namun metode
ini dirasa kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan
metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar praktek mengelas tingkat
lanjut dengan proses las busur manual pada kampuh I pada siswa Kelas XI TPM
B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan dilaksanakan
pada bulan Oktober 2011 sampai dengan Desember 2011. Penelitian ini bertempat
di SMK Negeri 5 Surakarta dengan subjek penelitian siswa kelas XI TPM B
dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi data prestasi
belajar mata pelajaran mengelas dan data proses pembelajaran melalui pengamatan,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif
dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajaran mengelas tingkat lanjut dengan
metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran
mengelas tingkat lanjut khususnya pada materi proses las busur manual pada
kampuh I. Terbukti melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan
siswa belajar praktek mengelas tingkat lanjut denan proses las busur manual
pada kampuh I. Hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh dari siklus II siswa yang
mendapatkan nilai 70-79 sebanyak 20 siswa (62,50%), siswa yang mendapatkan
nilai 80-89 sebanyak 11 siswa (34,38%), dan siswa yang mendapatkan nilai 90
sebanyak 1 siswa (3,13%).
Kata kunci: Hasil belajar, proses las busur manual pada kampuh I, metode tutor
sebaya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter