PENINGKATAN AKTIFITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD KELAS XE SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifias siswa dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran sosiologi melalui model STAD (Student Teams
Achievement Division) di kelas X E SMA Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012-
2013. Penelitian ini muncul karena siswa SMA negeri 8 kelas X E siswanya kurang
berminat terhadap ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi karena harapannya kelak di
kelas XI masuk program IPA. Kurangnya minat siswa berimbas pada pasifnya
siswa mengikuti pelajaran sosiologi dan hasil belajarnya belajar sosiologi yang
belum memuaskan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan alur dua siklus masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan tahap (1) merumuskan
masalah dan merencanakan tindakan, (2) melaksanakan tindakan dan pengamatan/
monitoring (3) reflksi hasil pengamatan, (4) perubahan/ refii perencanaan untuk
pengembangan selanjutnya. Cara pengambilan data menggunakan angket dan
observasi serta sumber datanya dari guru dan siswa. Analisa data menggunakan
deskriptif untuk menjabarkan hasil observasi dan menggunakan metode kuantitatif
untuk menganalisa hasil belajar siswa dan tingkat aktifias siswa.
Berdasarkan hasil angket dapat diketahui keaktifan siswa pada siklus satu
persentasinya 52,62% dengan kategori sedang tetapi setelah pada siklus dua
keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifian yaitu 78,49% atau kategori
tinggi artinya ada peningkatan aktifias yang signifian dari siklus I ke siklus II.
Jika melihat keberhasilan siswa dalam belajar berdasarkan hasil tes yang diberikan
disetiap akhir siklus tampak ada peningkatan signifian antara hasil belajar pada
siklus I dengan siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai sebesar 83,12 dengan persentase
ketuntasan sebesar 87,5%. Sedangkan di siklus II rata-rata nilai sebesar 90,78 dengan
persentase ketuntasan sebesar 100%.
Kata kunci: Aktifias siswa, hasil belajar, pembelajaran kooperatif model STAD
siswa dalam pembelajaran sosiologi melalui model STAD (Student Teams
Achievement Division) di kelas X E SMA Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2012-
2013. Penelitian ini muncul karena siswa SMA negeri 8 kelas X E siswanya kurang
berminat terhadap ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi karena harapannya kelak di
kelas XI masuk program IPA. Kurangnya minat siswa berimbas pada pasifnya
siswa mengikuti pelajaran sosiologi dan hasil belajarnya belajar sosiologi yang
belum memuaskan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan alur dua siklus masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan tahap (1) merumuskan
masalah dan merencanakan tindakan, (2) melaksanakan tindakan dan pengamatan/
monitoring (3) reflksi hasil pengamatan, (4) perubahan/ refii perencanaan untuk
pengembangan selanjutnya. Cara pengambilan data menggunakan angket dan
observasi serta sumber datanya dari guru dan siswa. Analisa data menggunakan
deskriptif untuk menjabarkan hasil observasi dan menggunakan metode kuantitatif
untuk menganalisa hasil belajar siswa dan tingkat aktifias siswa.
Berdasarkan hasil angket dapat diketahui keaktifan siswa pada siklus satu
persentasinya 52,62% dengan kategori sedang tetapi setelah pada siklus dua
keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifian yaitu 78,49% atau kategori
tinggi artinya ada peningkatan aktifias yang signifian dari siklus I ke siklus II.
Jika melihat keberhasilan siswa dalam belajar berdasarkan hasil tes yang diberikan
disetiap akhir siklus tampak ada peningkatan signifian antara hasil belajar pada
siklus I dengan siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai sebesar 83,12 dengan persentase
ketuntasan sebesar 87,5%. Sedangkan di siklus II rata-rata nilai sebesar 90,78 dengan
persentase ketuntasan sebesar 100%.
Kata kunci: Aktifias siswa, hasil belajar, pembelajaran kooperatif model STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: