PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI TAHUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Fathonah Fathonah,

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan STAD dapat meningkatkan
motivasi kelas IVB SD Negeri Tahunan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa IVB
SD Negeri Tahunan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan
guru dan kegiatan siswa, serta angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa motivasi kelas IVB memiliki kecenderungan meningkat. Skor motivasi pada
siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 88,33%. Melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD, siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
kooperatif dan melaksanakan keterampilan kooperatif yang meliputi mengundang
anggota kelompok lain untuk berbicara, menghargai pendapat orang lain, mengambil
giliran dan berbagi tugas, mendengarkan dengan aktif, bertanya, tidak berbeda dalam
tugas dan memeriksa ketepatan hasil kelompok. Siswa merasa senang, semangat
dan demokratis sehingga siswa aktif dalam belajar dan menyelesaikan tugas. Guru
diharapkan dapat melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang
inovatif, menyenangkan, dan bermakna pada semua mata pelajaran.
Kata Kunci: Motivasi, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter