PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JETIS 1 YOGYAKARTA

Authors

  • Khamid Khamid

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2909

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran matematika dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri
Jetis 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share terdapat peningkatan pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata kelas 76,34, siklus II nilai rata-rata kelas 80,77, dan pada siklus III
diperoleh nilai rata-rata kelas 90,19. Melalui TPS, siswa telah merasakan bahwa
aktivitas berfiir ini memang memerlukan pengetahuan yang dimiliki masingmasing, siswa sudah mampu bekerja kelompok dan menyepakati hasilnya, serta
mempertanggungjawabkan hasilnya di depan kelas.
Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Matematika

Downloads

Published

2015-02-04

How to Cite

Khamid, K. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JETIS 1 YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2). https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i2.2909