PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JETIS 1 YOGYAKARTA

Khamid Khamid,

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran matematika dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri
Jetis 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share terdapat peningkatan pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata kelas 76,34, siklus II nilai rata-rata kelas 80,77, dan pada siklus III
diperoleh nilai rata-rata kelas 90,19. Melalui TPS, siswa telah merasakan bahwa
aktivitas berfiir ini memang memerlukan pengetahuan yang dimiliki masingmasing, siswa sudah mampu bekerja kelompok dan menyepakati hasilnya, serta
mempertanggungjawabkan hasilnya di depan kelas.
Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar, Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter