PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Titik Krisnawati,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran
yang layak untuk mata pelajaran biologi, (2) mengetahui efektivitas dan daya tarik
multimedia pembelajaran yang dikembangkan untuk mata pelajaran biologi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dilakukan
dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Proses
perencanaan dilakukan dengan mendefiisikan ruang lingkup yang diambil dari
silabus dan RPP mata pelajaran biologi, mengidentifiasi karakteristik siswa,
membuat dokumen perencanaan, mengumpulkan sumber, dan melakukan
brainstorming. Proses desain dengan cara menganalisis konsep materi, membuat
flwcharts dan storyboards. Proses pengembangan dilakukan dengan menyiapkan
teks, menggabungkan bagian-bagian dan memadukan berbagai bahan, membuat
program, melakukan uji alpha, uji beta, revisi akhir, dan melakukan evaluasi sumatif
dengan ujicoba produk multimedia pada pembelajaran dikelas. Subjek penelitian
adalah siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Responden
dalam penelitian ini sebanyak 42 orang, yang terdiri dari 3 orang validator, 6 siswa
untuk uji beta dan 33 siswa untuk validasi uji coba lapangan. Aspek yang dinilai
meliputi aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran. Data hasil penilaian
tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Produk multimedia pembelajaran untuk mata
pelajaran biologi di SMA. (2) Produk yang dihasilkan layak dimanfaatkan berdasarkan:
(a) validasi ahli media skor rata-rata 4,61 atau sangat baik (b) validasi ahli materi
skor rata-rata 4,70 atau sangat baik, (c) berdasarkan uji beta skor rata-rata 4,04
atau baik. (3) Produk multimedia pembelajaran biologi yang dikembangkan efektif
untuk pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA berdasarkan
uji coba pembelajaran di kelas dengan persentase kenaikan dari pre-test ke post-test
sebesar 40,27%.
Kata kunci: pengembangan, multimedia, pembelajaran biologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter