PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CURAH PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIIA SMP NEGERI 6 CILACAP

Sri Wahyuni, SMP Negeri 6 Cilacap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran curah
pendapat (brainstorming) mampu meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pkn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif disebut juga dengan pendekatan naturalistik, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian yang dilanjutkan dengan analisis data dan refleksi terhadap proses pelaksanaan tindakan, implikasi dari penerapan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dalam pembelajaran dan PKn telah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 6 Cilacap
yaitu berupa perhatian, keberanian mengemukakan pendapat, peningkatan hasil belajar, kerjasama, saling menghargai, dan adanya peningkatan minat baca siswa serta adanya partisipasi dalam pembelajaran Pkn


Full Text:

PDF PDF

References


Moleong, Lexy. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Transito.

Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya.

Somantri, Numan Muhammad. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparman, Atwi. (1997). Model-Model Pembelajaran Interaktif. Bandung : Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokusmedia.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter