IMPLEMENTASI STRATEGI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI UANG DAN BANK

Authors

  • Sutinah Sutinah SMA N 1 Pakem

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19215

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya tuntutan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik di mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions berbasis proyek. Setiap siklus terdiri dari satu kompetensi dasar yang diajarkan dengan berbagai tugas yang harus dikerjakan para siswa. Siklus pertama di Kompetensi Dasar Uang dan siklus kedua di Kompetensi Dasar Bank. Berdasarkan data yang diambil dengan angket dan observasi dianalisis dengan analisis deskriptif persentase yang terlaksana di Mei 2013. Ditinjau dari sisi sikap, peserta didik lebih jujur, terbuka, mandiri, kreatif, cermat, peduli dan ada peningkatan keingintahuan sehingga nilai prestasi meningkat, terbukti nilai post test diperoleh rata-rata nilai 73 di siklus awal dan menjadi 85 di siklus kedua. Di tinjau dari proses pembelajaran mengalami perkembangan kemajuan dari setiap siklusnya dengan semakin meningkatnya tanggapan para peserta didik. Sehubungan
dengan hal tersebut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Student Teams Achievement Divisions berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan kompetensi belajar materi uang dan bank para peserta didik kelas XB di SMA Negeri 1 Pakem

References

Suprijono, Agus. (2009). Coopertive Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Linda, Campbell, dkk. (2006). Metode Praktis Pembelajaran. Intuisi Press: Depok.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Stavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning. Cetakan ke-6. Bandung:Nusa Media.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

http://www.referensimakalah.com/2013/01/pembelajaran-berbasis-proyek-pbp.htm

Downloads

Published

2018-04-05

How to Cite

Sutinah, S. (2018). IMPLEMENTASI STRATEGI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI UANG DAN BANK. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 21(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v21i1.19215

Issue

Section

Articles