UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SD JETIS I YOGYAKARTA DALAM MENGEMBANGKAN DIKTAT PEMBELAJARAN MELALUI ENABLING ACTIONS

Nunik Harini Lestari, SD Jetis 1 Yogyakarta

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mendeskripsikan
upaya dalam meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta dalam mengembangkan diktat pembelajaran melalui pendekatan enabling actions semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 selama 3 bulan yaitu Juni sampai dengan Agustus 2016.Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu 6 orang guru SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Objek
penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengembangkan diktat pembelajaran. Pelaksana tindakan adalah kepala sekolah yang dikolaboratori dari dosen UST sejumlah 2 orang. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan penilaian diktat pembelajaran guru. Data pelaksanaan enabling actions pada lembar observasi pelaksanaan tindakan yang berupa aktivitas kepala sekolah dan guru, catatan lapangan dianalisis secara deskriptif setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan enabling actions ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru untuk menyusun diktat pembelajaran pada satu semester. Hal tersebut nampak pada partisipasi aktif, antusiasme dan semangat
guru dalam penyusunan diktat pembelajaran menciptakan sumber belajar yang sesuai kebutuhan sehingga siswa dapat belajar secara bermakna. Hasil rata-rata penilaian diktat pembelajaran yang disusun oleh guru pada siklus I sebesar 65,3 dan rata-rata penilaian diktat meningkat pada siklus II menjadi 94,4. Pendekatan enabling actions diharapkan dapat dilaksanakan dalam pendampingan guru agar terjadi keharmonisan komunikasi dua arah dan terciptanya kondisi untuk selalu melakukan refleksi diri terhadap tugas-tugas yang seharusnya direncanakan maupun dikerjakan oleh guru dalam penyusunan diktat pelajaran


Full Text:

PDF Untitled PDF

References


Arcaro, Jerome S. (2005). Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar

Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Kemendiknas. (2010). Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor

Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter