PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 3 BANTUL

Christina Sri Purwanti, SMA Negeri 3 Bantul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar materi statistika yang dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah chek list dan tes. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan rerata skor dan kriteria ketuntasan. Analisisdata kualitatif dilakukan dengan klasifikasi dan disampaikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran quantum secara tepat dapat
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 3 Bantul. Model pembelajaran quantum yang dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar materi statistika siswa adalah pembelajaran yang memuat pendahuluan (AMBAK), inti (TANDUR), dan penutup. Model pembelajaran quantum terbukti dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bantul


Full Text:

PDF PDF

References


DePorter, Bobbi, Mark Reardon dan Sarah Singer-Nouri. terjemahan Ary Nilandari. (2006). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum

Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hollands, Roy. (1995). Kamus matematika. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004. Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.

Poerwodarminto, W.J.S. (2004). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, Eko Potro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirodikromo, Sartono. (2007). Matematika untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam.Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter