MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI JETIS I MELALUI PICTURE AND PICTURE

Diana Peggy Putinella, SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa kelas IB SD Negeri Jetis I tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakanselama2 siklus. Pengumpulan data menggunakan intrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sertates hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 74,5 dan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
92,4, dan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 87%.Melalui model picture and picture, perhatian siswa menjadi lebih terpusat pada objek belajar, siswa lebih lancar dalam menceritakan kegiatan/tugas yang dilakukan, siswa berkurang bermain-main selama proses pembelajaran, dan siswa termotivasi untuk melakukan kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung


Full Text:

PDF PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, Sofan Amri, dan Tatik Elisah. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Bafadal, Ibrahim. (2013). Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Penga-jaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Sudjana, Nana. (1996). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Pustaka.

Usman, Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter