PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM POLITIK DI INDONESIA MELALUI METODE CARAUSAL PADA SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode carausal
dalam meningkatkan prestasi belajar materi Sistem Politik di Indonesia pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methods) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian berasal dari siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian melalui observasi, dan tes prestasi belajar. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan mengacu pada model interaktif. Analisis data kuantitatif dengan mengacu pada teknik skor dari prestasi belajar.Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran
carausal dapat meningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I prestasi belajar banyak yang belum tuntas KKM-nya. Dari hasil post-test menunjukkan bahwa siswa yang pada pre-test belum memenuhi KKM, setelah diterapkan metode ini secara optimal dapat memenuhi KKM. Selain itu, skor siswa-siswi tersebut dikategorikan cukup sampai dengan amat baik. Kategori cukup sebanyak 11 siswa, kategori baik sebanyak 18 siswa, dan kategori amat baik sebanyak 6 siswa. Rerata skor pada siklus 1 hanya sebesar 57,5 menjadi 85 pada siklus 2. Dengan demikian, rerata prestasi
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 27.5 dan seluruh siswa sebanyak 35 anak telah memenuhi KKM. Selain itu, sikap dan perilaku siswa menunjukkan santun dan partisipatif dalam diskusi kelas
DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i2.13045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: