MENINGKATKAN MINAT DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW: STUDI TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI I DEPOK

Siti Sovia, SMKN I Depok, Sleman, Indonesia

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini,yang dilakukan melalui pembelajaran kooperatif
model jigsaw yang telah dimodifikasi dan didesain menggunakan siklus dua putaran – Siklus I dan Siklus II, bertujuan untuk meningkatkan minat dan kompetensi siswa pada matapelajaran Komputer Akuntansi. Penelitian yang dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 ini melibatkan 31 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri I Depok Sleman yang sedang mengambil mata pelajaran Komputer Akuntansi sebagai subjek penelitian. Dari hasil tes minat dan motivasi belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian, dan perbandingan antara nilai UTS dan UAS semester I tahun pelajaran 2014/2015 untuk mata pelajaran Komputer Akuntansi
diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan kompetensisiswa khususnya pada mata pelajaran Komputer Akuntansi dengan tingkat efektivitas mencapai 81.58% jauh lebih tinggi dibandingkan pendapat Newmann & Thompson (1978) yang mengatakan bahwa tingkat efektivitas penggunaan model jigsaw hanya 17%


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i2.13044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter