STRATEGI KWL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR

- Erfin, SDN Nyantong, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya

Abstract


Perkembangan minat baca sekarang ini sangatlah rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya minat anak dalam membaca sehingga kemampuan membacanya pun sangat rendah. Siswa hanya mampu membaca tetapi tidak mengetahui inti dari bacaan yang dibacanya. Dalam pembelajaran membaca seringkali seorang pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan guna meningkatkan kemampuan membaca pada siswa. Tujuan penulisan makalah ini adalah membantu guru khususnya guru SD dalam menentukan
suatu strategi pembelajaran yang cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hasilnya ialah strategi KWL (Know Want to Learn) merupakan salah satu strategi yang tepat untuk pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca. Strategi tersebut terdiri dari tiga langkah yaitu menggali latar belakang pengetahuan siswa dengan cara brainstorming, kemudian menentukan hal-hal yang ingin diketahui dengan merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang akan dibaca, dan yang terakhir menentukan hal-hal yang telah dipelajari dengan cara
menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan pada langkah sebelumnya


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i2.13043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter