MENUMBUHKAN BUDAYA MENULIS MELALUI JURNAL DENGAN PENDEKATAN PETA PIKIRAN BAGI SISWA SD

Henni Sofie Astuti, SD Negeri Murten, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman

Abstract


Sekolah diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia dengan kualitas
tinggi yang memiliki kemampuan bekerja sama, berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan kreatif), terampil, memahami berbagai budaya, kemampuan komunikasi yang tinggi, dan mampu belajar sepanjang hayat. Berpikir tingkat tinggi, khususnya berpikir kreatif (creative thinking) merupakan kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun kecakapan berpikir ini belum pernah dipelajari khususnya bagi siswa di sekolah. Salah satu strategi untuk melatih kecakapan berpikir kreatif
siswa di sekolah adalah dengan membuat peta pikiran (mind map) terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajarinya. Dengan membuat peta pikiran siswa dilatih untuk berimajinasi, berkreasi, mengorgasisasikan materi pelajaran, dan memicu ide-ide orisinil atau baru yang berbeda dari yang telah ada. Dari peta pikiran tersebut, siswa dapat mengembangkan tema yang sudah ada menjadi sebuah tulisan. Menulis yang dianggap oleh sebagian siswa hal yang sulit akan menjadi mudah dengan jurnal. Jurnal yang ditulis ada enam macam yaitu jurnal pribadi, jurnal dialog, jurnal catatan, reading logs, learning logs, dan simulated journal. Dengan penggunaan peta pikiran dalam menulis jurnal, budaya menulis pada siswa sekolah dasar diharapkan meningkat


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i2.13042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter