PENERAPAN PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Devita Vuri, SD N Karawang Kulon 2 Karawang, Indonesia

Abstract


Pembelajaran bahasa di SD kelas rendah meliputi aspek membaca, menulis,
mendengarkan, dan berbicara. Aspek membaca dan menulis merupakan hal
yang sangat penting untuk diajarkan di SD kelas awal. Dengan membaca dan
menulis, semua ilmu pengetahuan akan diserap oleh siswa. Akan tetapi, kesulitan
dalam mengajarkan membaca dan menulis permulaan terletak pada strategi yang
digunakan. Guru cenderung menggunakan panduan buku dengan bahasa yang kaku
dan sulit dimengerti oleh siswa. Sedangkan bagi siswa kelas rendah, belajar haruslah kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Artinya, kegiatan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu, strategi yang dapat diterapkan adalah Pendekatan Pengalaman Berbahasa (Language Experience Approach). Pendekatan ini berdasarkan pengalaman siswa yang kemudian diterapkan dalam mengajarkan membaca dan menulis permulaan pada siswa


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter