PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KLAS X SMA 3 BANTUL

Wahyu Widyastuti, SMA N 3 Bantul, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi melalui metode numbered head together, dan (2) meningkatkan hasil belajar Biologi melalui metode numbered head together. Sumber informasi penelitian tindakan kelas ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memberikan makna keberhasilan, tindakan mengacu pada kriteria relatif. Unjuk kerja dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan hasil lebih baik serta kekurangkurangnya 85% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar ≥ 75.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan secara nyata bahwa tindakan penerapan metode numbered head together mampu: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan (2) meningkatkan hasil belajar biologi. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kenaikan rata-rata nilai dari 58,19 sebelum tindakan, siklus I menjadi 70,97, dan di siklus II meningkat menjadi 79,47 


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter