Faktor-faktor yang memengaruhi kesesuaian pekerjaan alumni seni musik dengan program studi

Delicia Mandy Nugroho, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Sara Lorin Hernadi, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

Abstract


Banyak alumni sarjana di Indonesia yang tidak bekerja sesuai dengan Program Studinya. Alumni Program Studi Seni Musik seringkali harus memiliki beberapa pekerjaan sekaligus, beriwarusaha, atau bekerja secara paruh waktu. Tidak jarang para alumni harus bekerja di luar industri kreatif agar dapat bertahan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah keaktifan dalam kegiatan di luar perkuliahan, jurusan/peminatan, ketersediaan pekerjaan, serta dukungan orang tua berpengaruh terhadap kesesuaian pekerjaan alumni dengan Program Studi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner Google Form yang dibagikan kepada alumni Program Studi Seni Musik Universitas X yang lulus tahun 2017-2022. Respon yang didapat sebanyak 95 (32% dari jumlah populasi) kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (95%) mendapat pekerjaan kurang dari enam bulan setelah kelulusan. Hasil analisis memperlihatkan bahwa kegiatan di luar perkuliahan, jurusan/peminatan, serta dukungan orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap kesesuaian pekerjaan alumni dengan Program Studi. Sedangkan, ketersediaan lapangan pekerjaan memiliki pengaruh positif terhadap kesesuaian pekerjaan. Besarnya pengaruh ketersediaan lapangan pekerjaan terhadap kesesuaian pekerjaan memiliki persamaan regresi Y = 3,044 + 0,501X. Jika ketersediaan lapangan pekerjaan meningkat, maka kesesuaian pekerjaan juga semakin tinggi. Adapun variabel ketersediaan pekerjaan memiliki keterkaitan yang erat dengan kesesuaian pekerjaan alumni sebesar 21.2%.

Kata kunci: seni musik, alumni, kesesuaian pekerjaan, ketersediaan pekerjaan, tracer study


Keywords


Seni Musik; Alumni; Kesesuaian Pekerjaan; Ketersediaan Pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. S. (2021). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Progarm Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan [Undergraduate, Universitas Negeri Medan]. https://doi.org/10/13.%20NIM.%207171141005%20CHAPTER%20V.pdf

Anjani, N. S. (2018). Pengaruh Prestasi Belajar, Masa Studi, Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Masa Tunggu Dan Relevansi Pekerjaan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(6), 554-565.

Aprilia, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Orientasi Masa Depan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4562

Asrifa, N. D. (2021). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2017 yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32678/alshifa.v2i1.4696

Bartleet, B.-L., Ballico, C., Bennett, D., Bridgstock, R., Draper, P., Tomlinson, V., & Harrison, S. (2019). Building sustainable portfolio careers in music: Insights and implications for higher education. Music Education Research, 21(3), 282–294. https://doi.org/10.1080/14613808.2019.1598348

Beeching, Angela Myles. (2010). Beyond Talent: Creating a Successful Career in Music. Oxford: Oxford University Press.

Bennett, D. (2016). Developing employability in higher education music. Arts & Humanities in Higher Education, 15(3–4), 386–413.

Bennett, D. (2018). Graduate employability and higher education: Past, present and future. HERDSA Review of Higher Education, 5, 31–61.

Brook, J., & Fostaty Young, S. (2019). Exploring post-degree employment of recent music alumni. International Journal of Music Education, 37(1), 142–155. https://doi.org/10.1177/0255761418821165

Brook, S., Comunian, R., Jewell, S., & Lee, J. Y. (2020). ‘More than a day job, a fair job: Music graduate employment in education.’ Music Education Research, 22(5), 541–554. https://doi.org/10.1080/14613808.2020.1840539

Buku Perkiraan Sektor Ketenagakerjaan. (2022). Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. https://satudata.kemnaker.go.id/satudata-public/2022/04/files/publikasi/1650295641100_2021%2520-%2520Buku%2520Perkiraan%2520Kebutuhan%2520TK_Sektor_Jabatan%25202021_2024.pdf

Carnevale, A. P., Cheah, B., & Strohl, J. (2012). College majors, unemployment, and earnings: Not all college degrees are created equal. Washington, DC: Center of Education and the Workforce, Georgetown University.

Carnevale, A. P., Cheah, B., & Strohl, J. (2013). Hard Times: College Majors, Unemployment and Earnings: Not All College Degrees Are Created Equal. https://repository.library.georgetown.edu/handle/10822/559308

Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2015). Are Those Rose-Colored Glasses You Are Wearing? Student and Alumni Survey Responses. Research & Practice in Assessment, 10, 5–14.

Eikhof, D. R. (2020). COVID-19, inclusion and workforce diversity in the cultural economy: What now, what next? Cultural Trends, 29(3), 234–250. https://doi.org/10.1080/09548963.2020.1802202

Fatmasari, D. & Partini. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Kematangan Karier Pada Siswa SMA. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. New York, NY: McGraw-Hill Higher Education.

Frenette, A., & Dowd, T. J. (2020). Careers in the Arts: Who Stays and Who Leaves? SNAAP Special Report. Spring 2020. Strategic National Arts Alumni Project.

Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.14203/jki.v10i1.57

Hennekam, S., & Bennett, D. (2016). Involuntary career transition and identity within the artist population. Personnel Review, 45(6), 1114–1131. https://doi.org/10.1108/PR-01-2015-0020

Hennekam, S. and Bennett, D. and Macarthur, S. and Hope, C. and Goh, T. (2019). An international perspective on managing a career as a woman composer. International Journal of Arts Management, 21 (3), 4-13.

Higdon, R. D. (2016). Employability: The missing voice: How student and graduate views could be used to develop future higher education policy and inform curricula. Power and Education, 8(2), 176–195. https://doi.org/10.1177/1757743816653151

Hussain, S., & Rafique, R. (2013). Parental Expectation, Career Salience and Career Decision Making. Undefined. https://www.semanticscholar.org/paper/Parental-Expectation%2C-Career-Salience-and-Career-Hussain-Rafique/2422c8b0d3e9e183a5df19ccafed676e6ffa0eb0

Jackson, D., & Tomlinson, M. (2022). The relative importance of work experience, extra-curricular and university-based activities on student employability. Higher Education Research & Development, 41(4), 1119–1135. https://doi.org/10.1080/07294360.2021.1901663

Kulsum, U., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), Article 2. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11508

Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120

Kurnia, F. Y., & Setyawan, Y. (2021). Metode Regresi Cox Proportional Hazards untuk Analisis Data Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Program Sarjana S1. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 6(2), 141-158.

Lewis, P., & Lee, J.Y. (2022). The labour market outcomes of Australian Creative Arts. Australian Journal of Labour Economics. 23(1), 21-42.

Marti’ah, S., Theodora, B. D., & Haryanto, H. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pilihan Karir Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/sap.v2i3.2448

Martin, N. D., & Frenette, A. (2017). Lost in Transition: College Resources and the Unequal Early-Career Trajectories of Arts Alumni. American Behavioral Scientist, 61(12), 1487–1509. https://doi.org/10.1177/0002764217734273

Media, K. C. (2021). 80 Persen Mahasiswa Tidak Bekerja Sesuai Jurusan Kuliah Halaman all. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/09/095731171/80-persen-mahasiswa-tidak-bekerja-sesuai-jurusan-kuliah

Miksza, P. (2013). 3rd-year cohort results of a pre-collegiate music teacher recruitment program: A replication and extension study. Journal of Band Research 48: 37–49.

Miksza, P., & Hime, L. (2015). Undergraduate Music Program Alumni’s Career Path, Retrospective Institutional Satisfaction, and Financial Status. Arts Education Policy Review, 116(4), 1–13. https://doi.org/10.1080/10632913.2014.945628

Miller, A. L., Dumford, A. D., & Johnson, W. R. (2017). Music alumni play a different tune: Reflections on acquired skills and career outcomes. International Journal of Education & the Arts, 18(29). http://www.ijea.org/v18n29/

Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012). Analisis relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42-52. https://doi.org/10.21831/economia.v8i1.800

Perkins, Rosie. (2012). “Rethinking ‘Career’ for Music Students. Identity and Vision.” In Life in the Real World: How to Make Music Graduates Employable, edited by Dawn Bennett, 11–26. Champaign, IL: Common Ground Publishing.

Poespita, D. H. (2017). Outcome Lembaga Pendidikan Seni Musik: Kajian Tentang Profesi Alumni Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Semarang di Industri Musik Kota Semarang. https://doi.org/10.31227/osf.io/vynwe

Prabawa, A. K., Pradoko, A. M. S., & Handoyo, C. B. (2021). Perspektif Pendidikan Seni Musik Berorientasi Humanistik. Imaji, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/imaji.v19i1.37093

Prasetiyo, A. (2015). Studi Penelusuran Kesesuaian Kurikulum Program Studi Sarjana Seni Musik Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. PROMUSIKA : Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1697

Putri, H. M., & Febriyanti, D. A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(6), Article 6. https://doi.org/10.14710/empati.2020.30065

Purwantini, A. H., Yuliani, N. L., & Muhdiyanto, M. (2018). Analisis Tracer Study Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16(1), 73-82. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v16i1.2133

Rickels, D. A., Brewer, W. D., Councill, K. H., Fredrickson, W. E., Hairston, M., Perry, D. L., Porter, A. M., & Schmidt, M. (2013). Career Influences of Music Education Audition Candidates. Journal of Research in Music Education, 61(1), 115–134. https://doi.org/10.1177/0022429412474896

Robison, T., & Russell, J. A. (2022). Factors Impacting Elementary General Music Teachers’ Career Decisions: Systemic Issues of Student Race, Teacher Support, and Family. Journal of Research in Music Education, 69(4), 425–443. https://doi.org/10.1177/0022429421994898

Robison, T., Edgar, S. N., Eros, J., Councill, K. H., Fredrickson, W. E., Helmick, J., Hoffman III, E. C., Melago, K. A., & Williams, B. A. (2021). Inspiring the Next Generation of Music Educators: A Multiple Case Study of High School Music Experiences and Career Choice. Journal of Research in Music Education, 69(2), 207–227. https://doi.org/10.1177/0022429420975787

Sagarino, E. V., Moreno, E. A., Juan, T. J. E., Jr, R. F. L., Tagiobon, R. I. M., Palmes, M. K. L., & Cabigas, R. A. B. (2017). A tracer study on the University of the Immaculate Conception graduates of bachelor of music. Journal of Advanced Research in Social Sciences and Humanities, 2(5), Article 5.

Santoso, I. B. (2019). Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negerti Yogyakarta Periode 2019-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jim.v16i2.34768

Saputro, A. R., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2018). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), Article 1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11749

Saraswati, R. A. D., & Setiadi, G. D. (2020). Analisis Kesesuaian Lulusan DKV Strata Satu dengan Bidang Pekerjaan. Serat Rupa Journal of Design, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.28932/srjd.v4i2.2470

Seriati, N. N., & Herlinah, -. (2013). Penelusuran Alumni Juruan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Imaji, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3844

Setyaningrum, V. R. I. (2019). Hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan dukungan keluarga dengan minat menjadi guru (studi kasus pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta) [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/35229/

Shabrina, L. N. (2017). Korelasi Dukungan Orang Tua Terhadap Presentasi di Bidang Seni Musik Siswa SMA Negeri Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(8), Article 8. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21360

Siswanto, I., Arifah, I. W. N., & Ramadhan, F. E. N. (2019). Pengaruh Keaktifan di Organisasi dan IPK terhadap Softskills dan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i2.6314

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.

Supriati, S., & Handayani, T. (2018). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dalam Penempatan Kerja. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 218-227. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1121

Survei: 87 Persen Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. (n.d.). Retrieved May 6, 2022, from https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v21i2.58574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats