Evaluation of the use of e-learning in the implementation of the "Stake's countenance" model in the era of the Covid 19 pandemic

Trie Hartiti Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kuswarsantyo Kuswarsantyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aldia Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Winny Chrisan Alya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tria Rafika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


The learning process in the Master of Arts Education Study Program during the Covid-19 pandemic experienced problems not being able to hold meetings offline. The purpose of the study was to evaluate the use of e-learning with a countenance stake model. This research uses a qualitative evaluation method with a countenance evaluation model by Stake. Matters evaluated include (1) Antecedent (context, input); (2) Transactions (processes) and (3) Outcomes (results) of curriculum implementation. The results showed that learning in the Master of Arts Education Study Program during the Covid-19 pandemic went smoothly. A total of 21.57% of the smooth learning process has the category of mostly smooth meetings. The suitability of student learning outcomes with CPL was 88.46%. CPL Based on the results of the questionnaire, data was obtained that the achievement of appropriate student learning outcomes (80-100%) was 83.33%. These results illustrate that student learning outcomes are fulfilling the aspect of achievement. 

Keywords: Art learning, evaluation, countenance stake

 

Evaluasi pemanfaatan e-learning dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model “countenance stake” di era pandemi Covid 19

Abstrak

Proses pembelajaran di Program Studi Magister Pendidikan Seni masa pandemi covid-19 mengalami kendala tidak bisa melakukan pertemuan secara luring. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi penggunaan e-learning dengan model countenance stake. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kualitatif dengan model countenance evaluation oleh Stake. Hal-hal yang di evaluasi meliputi (1) Antecedent (konteks, input); (2) Transaction (proses) dan (3) Outcomes (hasil) pelaksanaan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di Program Studi Magister Pendidikan Seni masa pandemi covid-19 berjalan lancar. Sejumlah 21,57% kelancaran proses pembelajaran memiliki kategori sebagian besar pertemuan lancar. Kesesuaian hasil belajar mahasiswa dengan CPL sebesar 88,46%. CPL Berdasarkan hasil angket diperoleh data bahwa ketercapaian hasil belajar mahasiswa yang sesuai (80-100%) sejumlah 83,33%. Hasil tersebut menggambarkan hasil belajar mahasiswa terlah memenuhi aspek ketercapaian. 

Kata Kunci: Pembelajaran Seni, evaluasi, countenance stake



Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid-19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1): 44-58.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2): 99-108.

Arrazaq, N. R. (2019). The value of character education based on history of the Mataram Kuno Kingdom in the 8th-9th AD. Istoria: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 15(1): 1-14.

Arrazaq, N. R. & Aman, A. (2020). Kajian nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Kadeso yang dilakukan oleh masyarakat Kemiri Temanggung. Jantra, 15(1): 61-70.

Arrazaq, N. R., Kumalasari, D., & Yusuf, S.M. (2021). Penggambaran Qilin pada mimbar Masjid Gedhe Mataram Kotagede: Kajian arkeologi seni. Walennae: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan dan Tenggara, 19(2): 101-110.

Astutiningtyas, R. & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi pembelajaran seni dalam bentuk daring online untuk meningkatkan kreativitas selama pandemi Covid-19. Jurnal Pelita PAUD, 5(1): 138-145.

Elen, T. & Putri, R. R. (2020). Kuliah online di masa pandemi Covid-19. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2): 214-226.

Miswanto, M. (2020). Prokrastinasi akademik mahasiswa di era kuliah online masa pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 4(1): 125-139.

Muqorobin & Rais, N. A. R (2021). Komparasi aplikasi daring dalam pembelajaran kuliah di masa pandemi virus Corona. Jikobis: Jurnal Informatika, Komputer, dan Bisnis, 1(1): 019-031.

Putri, A. R., Rahman, B. A., Insani, M. Y. S., & Mayar, F. (2021). Analisis kreativitas siswa sekolah dasar dalam pembelajaran seni melalui kegiatan kolase pada masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1): 102-112.

Wibowo, D. V. & Nugraheni, A. S. (2021). Implementasi pembelajaran kreatif seni rupa anak PAUD berbasis daring. Imaji: Jurnal Seni dan Pembelajaran, 19(2): 198-212.

Yasa, I. K. A., Hardiman, H., & Suartini, K. (2022). Penggunaan media daring dalam pembelajaran seni rupa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(1): 62-68.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v21i1.54425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats