Tik Tok media pengembangan karakter melalui kreativitas tari kreasi Dayak

Gita Kinanthi Purnama Asri, STKIP PGRI Banjarmasin, Indonesia
Suwarjiya Suwarjiya, STKIP PGRI Banjarmasin, Indonesia
Nur Aulia, STKIP PGRI Banjarmasin, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan nilai karakter pendidikan yang muncul melalui kreativitas tari kreasi Dayak dengan pemanfaatan aplikasi Tik-tok sebagai media pengembangan karakter siswa ekstrakurikuler di SMPN 1 Kapuas Murung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan studi pustaka. Penelitian ini menghasilkan 2 tari kreasi Dayak berjudul tari Ular Naga dan tari Inting melalui metode ATM(amati, tiru dan modifikasi), hasilnya diupload di aplikasi Tik Tok pada 12 Juni 2021.(2) Terdapat 12 nilai karakter yang muncul yaitu karakter cinta tanah air, kreatif, disiplin, mandiri, jujur, kerja keras, demokratif, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, peduli sosial, dan tanggung jawab.(3)Aplikasi Tik Tok sebagai aplikasi yang digemari kalangan peserta didik, mampu mendukung pembelajaran kreativitas tari secara efektif, sebagai ruang ekspresi dan apresiasi.

 

Kata Kunci: tik tok, kreativitas tari, pendidikan karakter, tari kreasi, dayak

 

 

 

TIK TOK CHARACTER DEVELOPMENT MEDIA

THROUGH THE CREATIVITY OF DAYAK CREATIVE DANCE

 

 

 

Abstract

The purpose of this research is to describe the value of the educational character that emerges through the creativity of Dayak dance creations using Tik-tok application for extracurricular students at SMPN 1 Kapuas Murung. This research is an experimental research with a qualitative and qualitative approaches. Collecting data using interview techniques, observation, documentation, tests and literature study. This research produced 2 works entitled Ular Naga dance and Inting dance through the ATM method (observe, imitate and modify as a result of dance creativity, uploaded via Tik Tok on June 12, 2021. (2) There are 9 character values that appear, namely the character of love of the homeland, creative, disciplined, independent, hard working, democratize, curiosity, friendly/communicative, and responsibility. (3) The Tik Tok application as an application that is popular with students, is able to support learning dance creativity effectively, as a space for expression and appreciation.

 

Keywords: tik tok, character development media, creativity dance, Dayak


Keywords


tik tok, kreativitas tari, pendidikan karakter, tari kreasi, dayak

Full Text:

PDF

References


Arofi, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua-Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak- Anak di Media Sosial Tik Tok. In Tidak di terbitkan. Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pokitik Universitas Diponegoro.

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, F. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tari Pada PAUD. I Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 11(1).

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Jurnal, 10(2).

Hidajat, R. (2019). Tari Pendidikan:Pengajaran Seni Tari untuk Pendidikan. Media Kreativa Yogyakarta.

Idris, Y. P. K. (2019). Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada Pembelajaran Tehnik Dasar Tari Motaro untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMAN 3 POSO. In Tidak diterbikan. Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Makassar.

Luisandrith, D. R. dan Y., & Setyo. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 9(2).

Munadlir, A. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

Putri, M. W. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tari Inai Pada Upacara Perkawinan Adat Melayu. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 18(1).

Sugiarto, E. (2019). Kreativitas, Seni & Pembelajaran. LKiS.

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfa beta.

Supriyadi, E. (2010). Pengembangan Pendidikan Karakter Disekolah. Prosiding Seminar Nasional.

Valiana, L., & Suriana, S. F. (2020). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas Vi Min 1 Aceh Utara. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 1(2).

Widati, S. (2016). Peningkatan Kreativitas Tari Kreasi dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Praktik Penelitian Tindak Kelas Pendidkan Dasar & Menengah, 6(1).

Wulan, N., Nawang, W., Husni, dan R., & Intan. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. IVCEJ, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v21i1.47882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats