SMARTPHONE MEDIA BERKARYA SENI MASA KINI

Rony Siswo Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Era dimana terjadi percepatan teknologi dan digitalisasi dalam berbagai bidang. Informasi, komunikasi, interaksi, transaksi dan edukasi dapat dilakukan hanya dalam genggaman layar smartphone. Begitu pula dalam menciptakan sebuah karya seni dan desain dapat memanfaatkan teknologi smartphone. Berdasarkan studi pendahulan yang dilakukan peneliti yaitu sekitar 80% mahasiswa seni rupa dan desain tidak menggunakan teknologi smartphone untuk berkarya seni. 60 % dari mereka tidak mengenal aplikasi smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk berkarya seni. Tulisan ini bertujuan membahas peran penggunaan teknologi khususnya smartphone dalam kegiatan berkarya seni dan desain. Berikutnya, juga membahas berbagai aplikasi untuk berkarya seni kreatif seperti filpaclip, medibangpaint, procreate, sketchbook, artflow, infinite design serta adobe ilustrator. Terakhir, tulisan ini membahas tentang bisnis karya seni dan desain online melalui berbagai alamat website yang dapat diakses menggunakan layar smartphone. Diharapkan mahasiswa seni rupa dan desain dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tidak hanya untuk kepentingan pribadi semata, namun juga kegiatan berkarya seni kreatif serta dapat menghasilkan income.

Kata Kunci: Seni, Desain, Teknologi, Smartphone, Digital

 

SMARTPHPONE, A MEDIA FOR CREATING VISUAL ART AND DESIGN NOWADAYS

 

Abstract

 

The world has entered the Industrial Revolution Era 4.0. The era where technology accelerated and digitalized in various aspects. Information, communication, interaction, transactions and education are done via a smartphone. In creating a work of art and design can be done with smartphone technology. However, based on the preliminary study conducted by researcher, around 80% of art and design students do not use smartphone technology to create art. 60% of them are not familiar with smartphone applications that can be used to create art. The objective of this paper is to discuss the role of the use of technology, especially smartphones in the work of art and design. Next, discuss various applications to create creative arts such as filpaclip, medibang paint, procreate, sketchbook, artflow, infinite design and adobe illustrator. Finally, this paper discusses the online art and design business through various website addresses that can be accessed using a smartphone screen. So it is expected that fine arts and design students can take advantage of technological developments not only for personal gain, but also for creative arts activities and can generate income. 

Keywords: Arts, Design, Technology, Smartphone, Digital


Keywords


Arts, Design, Technology, Smartphone, Digital

Full Text:

PDF

References


Marcos, Adérito Fernandes. 2009. The Creation Process in Digital Art. New York: Handbook of Multimedia for Digital Entertainment and Arts, Book, Chapter 27. pp.601-615.

Nasution, Arman Hakim. 2018. Inovasi. Yogyakarta: ANDI.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. E-commerce, E-business, Mobile Commerce. Bandung: Informatika Bandung.

Rahman, Arham. 2016. Lini Masa. Perhial Teknologi dan Seni. Yogayakarta: Mata Jendela/ Volume XI nomor4/ 2016.

Rouse, Margaret. 2018. Definition Smartphone. Diakses pada tanggal 9 September 2019 pada halaman https://searchmobilecomputing.techtarget.com/definition/smartphone

Sawyer, McKella. 2019. Best Drawing & Painting Apps For Mobile Artists (iOS + Android). Diakses pada tanggal 9 September 2019 pada halaman https://conceptartempire.com/best-drawing-painting-apps/

Schumacher, Andreas., Selim Erol., Wilfried Sihn. 2016. A Maturity Model for Assessing Industry 4.0 Readiness and Maturity of Manufacturing Enterprises. Elsevier B.V. Procedia CIRP 52. pp. 161-166.

Setiaji, Rony Siswo. 2017. Karya Seni Dalam Genggaman: Ruang Kreatif, Sumber Inspirasi dan Apresiasi. In: Seminar Nasional Seni, Budaya, dan Desain (SEDESA 2017), 3 Oktober 2017, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Suryanto, Veni (2019). Marketplace Tees.co.id Membidik Pasar Desain Custom. Diakses pada tanggal 10 Sepetmber 2019 pada laman https://peluangusaha.kontan.co.id/news/marketplace-teescoid-membidik-pasar-desain-custom




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v18i1.27826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats