Pengembangan nilai moderasi beragama dalam materi akidah pada perkuliahan pendidikan agama Islam di Universitas Negeri Padang

Rini Rahman, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Murniyetti Murniyetti, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Waway Qodratulloh S, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia

Abstract


Pembahasan mengenai muatan moderasi beragama dalam perkuliahan di perguruan tinggi sudah banyak yang melakukannya, namun bagaimana muatan moderasi beragama secara spesifik dimasukan dalam pembahasan akidah pada pembelajaran PAI di PTU masih belum ada yang melakukannya. Oleh karena itu, artikel ini mencoba mengeksplorasi bagaimana nilai moderasi beragama dalam materi akidah pada pembelajaran PAI di UNP. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mendapatkan gambaran secara utuh bagaimana nilai moderasi beragama dikembangkan dalam materi akidah di UNP. Pendekatan yang dipakai adalah desain kualitatif-deskriptif dimana data dikumpulkan melalui kajian mendalam terhadap berbagai sumber pustaka dan dikonfirmasi secara mendalam melalui wawancara terhadap dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan nilai moderasi beragama pada materi akidah di UNP adalah nilai I’tidal dan nilai Tasamuh. Pengembangan nilai ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman keagamaan yang benar namun mampu diimplementasikan secara fleksibel dan luas dalam berbagai aspek kehidupannya.

Discussions on religious moderation content in lectures at higher education institutions have been conducted by many, however, how the religious moderation content specifically is incorporated into the discussion of akida in Islamic Religious Education (PAI) learning at University has not yet been conducted. Therefore, this article attempts to explore how the values of religious moderation in the material of akida in PAI learning at UNP. This article is the result of research aimed at obtaining a comprehensive picture of how religious moderation values are developed in the material of belief at UNP. The approach used is descriptif-qualitatif, where data is collected through an in-depth study of various literature sources and confirmed in depth through interviews with lecturers and students. The results of the study indicate that the development of religious moderation values in the material of akida at UNP are the values of I'tidal and Tasamuh. The development of these values allows students to gain a correct religious understanding yet able to be implemented flexibly and broadly in various aspects of their lives.


Keywords


Moderasi Beragama; Akidah; Perkuliahan; PAI; UNP

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Arifianto, Y. A., Fernando, A., & Triposa, R. (2021). Sosiologi Pluralisme dalam Pendidikan Agama Kristen: Upaya Membangun Kesatuan Bangsa. Jurnal Shanan, 5(2), 95–110.

Aryani, S. A. (2016). Orientasi, Sikap dan Perilaku Keagamaan (Studi Kasus Mahasiswa Salah Satu Perguruan Tinggi Negeri di DIY). Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 11(1), 59–80.

Asrori, S. (2019). Mengikuti Panggilan Jihad; Argumentasi Radikalisme Dan Ekstremisme Di Indonesia. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 4(1).

Beni, H., & Rachman, A. (2019). Media sosial dan radikalisme mahasiswa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 191–203.

Fiqria, Z., & Arifin, Z. (2021). Revitalisasi Amaliah Nahdlatul Ulama (NU) dalam Menangkal Faham Radikalisme di Madrasah Aliyah. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(2), 165–177.

Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, W., Suhendar, W. Q., Barnansyah, R. M., Anwar, S., Purwanto, Y., & Yani, M. T. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Delta Pijar Khatulistiwa.

Heriyanto, H., Hidayatullah, T., Rukmana, A., Rahmania, T., Radhiansyah, E., & Rusyd, I. (2022). Pelatihan Pengembangan Pemahaman dan Sikap Keberagamaan Moderat Berbasis Nilai Keislaman-Keindonesiaan. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58–73.

Intarti, E. R. (2016). Peran guru pendidikan agama Kristen sebagai motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28–40.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193.

Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366–377.

Nurudin, N. (2013). Basis Nilai-Nilai Perdamaian: Sebuah Antitesis Radikalisme Agama di Kalangan Mahasiswa. Harmoni, 12(3), 64–82.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124.

Qodratulloh, W. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Karakter melalui Mentoring Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Bandung. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 7(1), 13–19.

S, W. Q., M, H. A., Hafidhuddin, Hadikusuma, R., & Rahman, R. (2022). Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis? TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 229–241.

Setiawan, A. (2023). Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Pembentukan Karakter, Perilaku Individu Melalui Potensi Mahasiswa Diperguruan Tinggi. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(01), 1–9.

Suhendar, W., & Rahman, R. (2020). Development Of Islamic Education Course In Fostering Tolerant Characters In Students In Higher Education. The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia.

Syaodih, S. N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syarif, M. Z. H. (2019). RELASI AGAMA & NEGARA PENGUATAN PERAN STRATEGIS LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PROGRAM HARMONISASI-INTEGRASI NASIONAL. AT-Ta’DIB: Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, 3(2), 363–393.

Wahyudin, D. (2017). Pendidikan Aswaja sebagai upaya menangkal radikalisme. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 291–314.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.65538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rini Rahman, Murniyetti Murniyetti, Waway Qodratulloh S

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats