Analisis muatan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam desain pendidikan karakter pada gerakan penguatan pendidikan karakter

Cucu Sutrisno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Darmiyati Zuchdi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam desain Pendidikan Karakter pada Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini menggunakan metode analisis konten yang bersifat inferensial berupa proses mendeskripsikan, mengklasifikasi, memaknai dan menyimpulkan muatan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Desain Pendidikan Karakter pada Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sumber data yang digunakan untuk analisis konten yakni: 1) Dokumen resmi yang memuat mengenai desain Pendidikan karakter dalam Gerakan PPK sejak tahun 2017-2021 berupa peraturan perundang-undangan serta pedoman implementasi Gerakan PPK. Hasil penelitan ini menujukan bahwa konsepsi pendidikan karakter dalam Gerakan PPK memang menggunakan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai basis pengembangannya. Namun tidak semua pemikiran Ki Hadjar Dewantara diadaptasi dan ditampilkan secara eksplisit dalam desain pendidikan karakter pada Gerakan PPK.

This study aims to reveal Ki Hadjar Dewantara's thoughts in the design of Character Education in the Character Education Strengthening Program. This study uses an inferential content analysis method in the form of a process of describing, classifying, interpreting and concluding the content of Ki Hadjar Dewantara's thoughts in Character Education Design in the Character Education Strengthening Program. The data sources used for content analysis are: 1) Official documents containing the design of character education in the Character Education Strengthening Program from 2017-2021 in the form of laws and regulations and guidelines for the implementation of the Character Education Strengthening Program. The results of this research show that the conception of character education in the Character Education Strengthening Program does indeed use Ki Hadjar Dewantara's thoughts as the basis for its development. However, not all of Ki Hadjar Dewantara's thoughts were adapted and displayed explicitly in the design of character education in the Character Education Strengthening Program.


Keywords


pendidikan, pendidikan karakter, Ki Hadjar Dewantara

Full Text:

PDF

References


Acetylena, S. (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Madani.

Akbar Albany, D. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393

Aulia, S. S., Arif, B., Amalia, R., Hidayati, N., & Yudha, R. A. (2022). Implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter sebagai wahana pendidikan nilai. Pendidikan Karakter, 2, 234–243. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.53207

Cathrin, S., & Wikandaru, R. (2023). The future of character education in the era of artificial intelligence. Humanika, 23(1), 91–100. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.59741

Cheng, Y. C. (2005). Reengineering Total Home-school Partnership. In New Paradigm for Re-Engineering Education Education in the Asia-Pacific Region : Issues , Concerns and Prospects (pp. 457–474). Springer.

Dewantara, K. H. (2011). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan (4th ed.). Yayasan Persatuan Taman Siswa.

Faturrahman, Farid Setiawan, Windi Dwi Astuti, & K. K. (2022). Analisis kebijakan program penguatan pendidikan karakter. TSAQOFAH, 2(4), 466–474.

Ghifari, A., Sauri, S., & Alfarisi, Z. (2015). Pemikiran Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan TAJDID, XIV(2), 387–396.

Hendarman. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekertariat Jendral kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hikmasari, D. N. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona Dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31.

Kahin, G. M. (2013). Nasionalisme & Revolusi Indonesia (T. K. Bambu (ed.); I). Komunitas Bambu.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12.

Makasau, R. (2020). Pedagogi Ki Hajar Dewantara Untuk Pengembangan Kurikulum Pendidikan Nasional. Jurnal Jumpa, 8(1), 107–124.

Marzuki. (2012). Intergating character education in the teaching and learning at school. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 33–44.

Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172–181. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12740

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336

Nurkholida, E. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF JAWA (Studi Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 393. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.1374

Setyorini, A., & Asiah, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Turats, 14(2), 71–99. https://doi.org/10.33558/turats.v14i2.4466

Suhadisiwi, I. (2018). Panduan Praktis Implementasi PPK Berbasis Budaya Sekolah.

Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 33. https://doi.org/10.22219/jch.v1i1.10460

Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.

Wijayanti, D. (2018). Character Education Designed By Ki Hadjar Dewantara. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 85. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10865

Zuchdi, D., & Afifah, W. (2019). Analisis konten etnografi & grounded theory dan hermeneutika dalam penelitian (Bumi Aksara (ed.); I).

Zulfiati, H. M. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dalam Membentuk Generasi Unggul Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, ISBN 978-6(April), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.60513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cucu Sutrisno, Darmiyati Zuchdi

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats