Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Risma Vriyanti, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia
Indra Wijaya, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia
Menrisal Menrisal, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia

Abstract


Penggunaan media interaktif untuk mengetahui seberapa efektif di kelas X mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) di SMK Negeri 1 Padang pada tahun akademik 2022/2023. Menggunakan Metode penelitian (R&D). Jumlah subjek penelitian adalah 60 orang. Model pengembangan (ADDIE) digunakan dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji hasil Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas X di SMK Negeri 1 Padang menunjukkan interpretasi yang baik untuk digunakan, dengan nilai 88,80%. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif telah terbukti kelayakan, dan kegunaannya untuk proses pembelajaran.


Keywords


ilmu pengetahuan alam dan sosial; media interaktif; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan media pembelajaran power point interaktif melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran tematik integratif siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143–158. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157

Anyan, Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft power point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Bustanil, M. S., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial di sekolah menengah kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Hartono, Lesmana, C., Permana, R., & Matsun. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash. Jurnal Transformasi, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

Kareem, A. A. (2018). The use of multimedia in teaching biology and its impact on students’ learning outcomes. The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences, 9(1), 157–165. http://www.epess.net/en/pub/issue/38900/457937

Li, L. (2020). Education supply chain in the era of industry 4.0. Systems Research and Behavioral Science, 37(4), 579–592. https://doi.org/10.1002/sres.2702

Menrisal, Yunus, Y., & Rahmadini, N. S. (2019). Perancangan dan pembuatan modul pembelajaran elektronik berbasis project based learning mata pelajaran simulasi digital SMKN 8 Padang. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 2(1), 1–16. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/196

Munawaroh, D. A., & Rahmadonna, S. (2023). Pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan metode ular tangga berkelompok pada siswa sekolah menengah pertama. EPISTEMA, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61344

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sesriyani, L., & Sukmawati, N. N. (2019). Analisis penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa inggris pada program studi pendidikan ekonomi. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/438-penilaian-hasil-proses-belajar-mengajar.html

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, I., Sefriani, R., & Wagimon. (2020). Development of interactive media based in Adobe. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(3), 134–142. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v5i3.1982




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risma Vriyanti, Indra Wijaya, Menrisal

Flag Counter

View My Stats Epistema