Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game untuk Meningkatkan Keterampilan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika

Maulida Putri Mu'arifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lintang Ana Lisa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahmawati Salsabila, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Irfan Wahyu Pranoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan media pembelajaran Maze Game untuk meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika, (2) kualitas media pembelajaran Maze Game untuk meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N Kepuhan yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data angket. Media Maze Game terbukti valid dan praktis untuk dilakukan dalam proses pembelajaran dengan ditunjukkan dengan validasi dan uji coba dengan berbagai pihak, yaitu validasi ahli, validasi materi, dan validasi guru. Media Maze Game terbukti mampu meningkatkan keterampilan soal cerita mata pelajaran matematika pada siswa ditunjukkan dengan hasil kuesioner yang diisi oleh siswa yang menunjukkan hasil di atas 90 % dengan tingkat kemudahan, kesesuaian, kevalidan, dan kepraktisan dalam proses pembelajaran matematika.


Keywords


keterampilan; maze game; media; siswa SD; soal cerita

Full Text:

PDF

References


Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan media pembelajaran fisika berupa buku saku berbasis Aandroid pada materi fluida statis. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63–70. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.63451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maulida Putri Mu'arifah, Lintang Analisa Ekasari, Rahmawati Salsabila, Irfan Wahyu Pranoto

Flag Counter

View My Stats Epistema