Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tomohon

Eunike G.M. Mangundap, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Deitje A. Katuuk, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Non Norma Monigir, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Deddy Kumolontang, Universitas Negeri Manado, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC. Model CIRC merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap anggota 4 sampai 5 orang siswa secara heterogen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tomohon yang berjumlah 18 siswa. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi guru, observasi siswa dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 60,83 dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 90,83 dan telah mencapai angka KKM. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC cocok digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tomohon.


Keywords


model circ; bahasa Indonesia; siswa sd

Full Text:

PDF

References


Aksara Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran.

Aqib, Zainal. 2013. Pengembangan Kepropesionalan Berkelanjutan. Bandung: Yrma widya.

Gara, N., Monigir, N. N., Tuerah, R. M. S., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5024-5032.

Katuuk, D. A. Dkk. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD GMIM 23 Girian Kota Bitung. YUME: Journal of Management, 4(1).

Katuuk, D. A., Untu, H. I., Koleangan, C. A. P., & Walewangko, S. A. (2022). Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Nas Media Pustaka.

Rorimpandey, W. H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran (Ctl) Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Inpres Perumnas Uluindano. Edu Primary Journal, 1(3), 17-17.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik), Bandung: Nusa Media,

Tim Penyusun Depdikbud, 2006. KTSP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eunike G.M. Mangundap, Deitje A. Katuuk, Non Norma Monigir, Widdy H.F. Rorimpandey, Deddy Kumolontang

Flag Counter

View My Stats Epistema