Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Tomohon

Anggia Murni Liatahi, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Mersty E. Rindengan, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Fientje J. Oentoe, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Risal Marentek, Universitas Negeri Manado, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SD Negeri 2 Tomohon dengan penerapan model pembelajaran talking stick. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan II siklus. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 2 Tomohon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri II Tomohon yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penilaian dan tes hasil belajar dari siswa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I setelah tindakan terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 55,7% dikatakan belum mencapai ketuntasan klasikal dan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 85%. Dengan demikian hasil yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan sehingga pelaksanaan tindakan dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon.


Keywords


keterampilan berbicara; model talking stick; siswa sd

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Pengembangan Kepropesionalan Berkelanjutan. Bandung : Yrma widya.

Banobe, S. C., Oentoe, F. J., Goni, A. M., Pangkey, R. D., & Merentek, R. M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Daring dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 03 Manado. Jurnal Ilmiah Wahana

Greene dan Petty, Tarigan 1998. Pengembangan Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Boston: Allyn and Bacon, Inc

Guntur Tarigan. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih dan Berlin, 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena. Yogyakarta

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24.

Rindengan, M. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Inpres Leleko. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 429-438.

Suprijono, 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggia Murni Liatahi, Mersty E. Rindengan, Fientje J. Oentoe, Widdy H.F. Rorimpandey, Risal Marentek

Flag Counter

View My Stats Epistema