Efektifitas multimedia pembelajaran interaktif PKK dalam meningkatkan kreativitas berwirausaha siswa SMK

Calista Devi Handaru, , Indonesia
Pujiriyanto Pujiriyanto, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kreativitas berwirausaha siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Klaten kelas XI Program Keahlian Bisnis Daring dan Manajemen Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dengan sampel sebanyak 30 siswa dengan jumlah perwakilan perkelas sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Tes berisi soal yang mengukur kreativitas berwirausaha siswa melalui lima aspek; 1) keaslian (originality), 2) kelancaran (fluency), 3) keluwesan (fleksibility), 4) Penguraian (elaboration), dan 5) Perumusan kembali (redefinition). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif PKK memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan kreativitas berwirausaha siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan rerata skor pada posttest di setiap aspek kreativitas berwirausaha dan hasil uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < 0,05 di semua aspek kreativitas berwirausaha. Hal ini berarti multimedia pembelajaran interaktif PKK dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran mata pelajaran PKK dalam meningkatkan kreativitas berwirausaha siswa SMK.

 

Kata Kunci: multimedia pembelajaran interaktif, PKK, kreativitas berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Basrowi. (2016). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Budiningsih, A. (2015). Buku PEKERTI (Teori belajar dan Motivasi). Yogyakarta: UNY.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.

Hackbarth, S. (1996). The Educational Technology Handbook. New Jersey: Educational Technology Publishing.

Hujair, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

King, F. J., et., al. (2013). Higher Order Thinking Skills. Diakses melalui www.cala.fsu.edu, 4 Januari 2020.

Martin, B. L. & Briggs, L. J. (1986). The Cognitive and Affective Domains: Integration for Instruction and Research. New Jersey: Educational Technology Publishing.

Morris, Wayne. (2006). Creativity: its Place in Education. New Zealand. Jpb. Com

Munir, M. I. T. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

National Council for Research into Vocational Education USA (1981). Toward a Theory of Vocational Educational. Columbus, Ohio: NCRVE Publication.

Otte, R.W. (1966). Creativity in Teaching: Childhood Education Volume 43 (1), pp 40-43 Taylor fracis Online. http://www.tandfonline.com/ DOI 10.1080/00094056.1966.10728017

Pujiriyanto. (2018). Desain Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek (KWU-PBP) untuk Meningkatkan Kreativitas Wirausaha. Disertasi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sadiman, A. S, et al. (2006). Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saputri, D. R., & Hikmah, S.( Maret 2019). Upaya Memperbaiki Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Multimedia Interaktif disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sarwa. (2018). Pengembangan Teknopreneneurship untuk Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam Implementasi Kurikulum SMK Revisi 2016. Seminar Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO), N8-10.

Smaldino, S. E., et., al. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Terjemahan Arif Rahman). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (Edisi asli diterbitkan oleh PEARSON Prentice Hall).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung KUalitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru Ting VIII, 593 – 607.

Surjono, H. D., (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass/ Wiley.

Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional pasal 18.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema