Membelajarkan orangtua menjadi pendamping aktivitas belajar di rumah bagi anaknya saat pandemi Covid 19

Monika Sidabutar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan PPM ini bertujuan untuk: 1) Memberikan pelatihan kepada orangtua tentang cara meningkatkan kemampuan sebagai pendamping aktivitas belajar di rumah bagi anaknya. 2) Meningkatkan mutu kinerja orangtua dalam melaksanakan pendampingan aktivitas belajar di rumah bagi anaknya.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Gantiwarno kecamatan Gantiwarno dengan subyek sebanyak 37 peserta yang terdiri dari orangtua TK dan SD. Metode yang digunakan ceramah, diskusi, dan simulasi/praktek. Metode ceramah dan diskusi digunakan untuk menyampaikan materi dan memahamkan peserta tentang pentingnya peranan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah. Metode praktek/simulasi, digunakan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk merancang aktifitas pendampingan yang dapat membantu anak belajar lebih optimal di rumah.

Hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan dan keterampilan peserta tentang cara mendampingi aktifitas belajar anak di rumah meningkat. 2) Kegiatan pelatihan ini dinilai telah mampu memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kemampuan orangtua dalam mendampingi aktiftias anak belajar di rumah. 3) Dihasilkannya tabel rancangan aktifitas pendampingan yang siap diterapkan oleh orangtua di rumah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.35424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Epistema

Flag Counter

View My Stats Epistema